Tentang Kami

Berdiri sejak tahun 1990, Bina Sena sebagai Pusat Simulator Bahari terus berkembang mengadakan pelatihan bagi pelaut mumpuni sesuai dengan regulasi STCW 95 beserta amandemennya. Bina Sena juga berperan sebagai Recognized Security Organization (RSO) untuk Keamanan Pelabuhan dan Kapal sesuai dengan ISPS Code.

Bina Sena Pusat Simulator Bahari berkantor di Jakarta dan memiliki Cabang Diklat di Kaki Gunung Geulis, Ciawi Bogor diatas lahan seluas empat hektar dan memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan pendidikan.

Sebagai yayasan yang memiliki expertise di bidang kelautan, fasilitas Bina Sena sudah sesuai dengan standar & teknologi pengajaran terbaru da;am bidang ilmu bahari, komunikasi dan permesinan kapal. Pusat Diklat kami juga dilengkapi dengan Kolam pelatihan seluas 2000 m dan juga replika kapal sepanjang 60 m. Fasilitas ini akan digunakan oleh peserta diklat untuk melakukan simulasi yang merupakan bagian dari kurikulum pengajaran

Setiap peserta diklat dapat mengikuti proses belajar-mengajar dengan nyaman, dengan udara pengunungan yang sejuk, yang dikelilingi oleh beberapa sungai yang mengalir dari pegunungan. Selain itu para peserta diklat juga dapat membawa keluarga sambil berwisata di sekitar Puncak Ciawi Bogor.

Kegiatan belajar di Bina Sena didukung tenaga pendidik berkualitas yang diakui oleh Pemerintah (Direktorat Jendral Perhubungan Laut). Sampai saat ini, Yayasan Bina Sena sudah mengeluarkan lebih dari 500.000 sertifikat kelautan bagi pelaut-pelaut yang belajar bersama kami.

Visi

Bertekad untuk menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan ketrampilan pelaut yang terkemuka di Indonesia dan diakui oleh masyarakat maritim internasional

Misi

Mempunyai sarana dan prasarana pendidikan yang modern mengikuti perkembangan sesuai dengan persyaratan nasional maupun internasional.
Mempunyai staf pengajar yang berpengalaman dan berkualifikasi sesuai dengan standar nasional maupun internasional.
Menyelenggarakan pelayanan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan silabus, kurikulum dan standar mutu nasional maupun internasional.
Memberikan kepuasan kepada peserta didik/pelanggan dan pengguna lulusan.
Terciptanya kerjasama yang harmonis antara Pusat Simulator Bahari Bina Sena dengan para lulusan, perusahaan, pengguna dan instasi pemerintah terkait dalam mengembangkan Pusat Simulator Bahari Bina Sena yang maju, modern dan diakui secara nasional maupun internasional.

Pedoman Aturan

Peraturan yang menjadi pedoman bagi PUSAT SIMULATOR BAHARI “BINA SENA” dalam menyelenggarakan pelatihan keterampilan khusus pelaut :

Undang-Undang No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
Undang-Undang No. 21 tahun 1992 tentang Pelayaran;
Keputusan Presiden No.65 tahun 1986 tentang Ratifikasi Konvensi STCW 1978;
Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 18 tahun 1997 tentang Pendidikan, Ujian Negara dan Sertifikasi Kepelautan, sebagaimana diubah;
Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.70 tahun 1998 tentang Pengawakan kapal Niaga;
Keputusan Kepala Badan DIKLAT No. SK.233/HK.602/DIKLAT-98 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Kepelautan;
Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut No. DL.21/2/7-2000 tanggal 25 Pebruari 2000 tentang Pedoman Pemberian Pengakuan Program Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan;
Keputusan Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi No. 353/Dirjen/1996 tentang Operator Radio Umum bagi pemegang sertifikat keahlian bagian dek;
Surat Edaran Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi No. 235/Dirjen/1997 tentang Kewajiban Perwira Radio Elektronika dan Operator Radio untuk Memiliki Kemampuan Praktek dalam Pengoperasian Alat/Perangkat GMDSS.

Tenaga Pengajar

Mempunyai pengalaman mengajar rata – rata lebih dari 10 tahun dibidang profesinya.
Memenuhi persyaratan pengajar TOT 6.09 IMO Model Course


Klien & Partner